Renungkan Ini Ketika Kita Ditipu Orang Lain

Kopisruput.net – ﷽, Saat kita tahu bahwa kita telah ditipu orang lain baik masalah harta dan sebagainya, maka muncullah perasaan marah dan jengkel. Sebenarnya perasaan seperti itu lumrah dirasakan oleh manusia. Namun sebagai mukmin, tidak seyogyanya kita terus larut dalam kemarahan dan penyesalan berkepanjangan. Tetap tenang dan ambil hikmah dari setiap kejadian yang menimpa kita ini. Nasehat berikut ini, semoga bisa menjadikan motivasi kita untuk segera berbenah dan berpikir jauh ke depan.

🌵Ketika Ditipu Orang Lain

  • Mungkin Anda akan marah, jengkel, susah tidur karena pikiran yang sangat terganggu.
  • Jika Anda seorang mukmin yang kuat, harusnya hal seperti ini tidak perlu terjadi. Harusnya pikiran Anda tetap tenang dan santai, karena beberapa alasan berikut ini:

🌴🌴
1. Hakmu tidak akan hilang.

Karena kalau Anda merelakan harta itu untuk penipu, maka Allah akan ganti dengan yang lebih baik dan lebih banyak. Sedangkan jika Anda tidak merelakannya, maka Anda bisa menuntutnya di akherat nanti sesuai kadarnya. Hak Anda tetap terjaga dengan baik.

🌴🌴
2. Perbuatan dia tidak akan mengurangi jatah rezekimu.

Saat Anda ditipu oleh seseorang, sebenarnya memang saat itulah waktu Anda menikmati rezeki itu telah selesai, sehingga rezeki itu memang harus diambil dari Anda.

🌴🌴
3. Bahkan Anda bisa mendapatkan do’a yang mustajab.

Karena ketika Anda ditipu, berarti Anda dizalimi, dan do’anya orang yang dizalimi itu mustajab, karena tidak adanya hijab antara do’anya dengan Allah Ta’ala, sebagaimana disebutkan dalam hadits.

Dan tidak ada masalah kita mend’oakan keburukan kepada orang yang menzalimi kita, sebagaimana dilakukan oleh beberapa sahabat Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam ketika dizalimi orang lain.

🌴🌴
4. Anda bisa mendapatkan pahala, penghapus dosa, dan kedudukan yang tinggi di sisi Allah, bila Anda bisa menghadapinya dengan sabar dan rela atas takdir Allah tersebut .. sehingga sebenarnya ketika sedang ditipu, Anda diberi peluang mendapatkan ganti yang jauh lebih baik.

🌴🌴
5. Ingatlah bahwa itu merupakan takdir yang memang dikehendaki Allah terjadi. Anda marah atau rela, tetap saja harus terjadi, dan tidak mungkin bisa dihindari.

🌴🌴🌴
Jika semua ini Anda tahu, tanyakan kepada diri Anda, mengapa saya harus marah dan jengkel .. bukankah lebih baik saya melupakannya dan memikirkan hal lain yang lebih bermanfaat untuk masa yang akan datang.

Ustadz DR. Musyaffa’ Ad Dariny MA, حفظه الله تعالى

Barakallahu Fiikum,

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Nasehat, Sekitar Kita, Umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.