Inilah Tempat Tinggal Jin Di Sekitar Kita

Kopisruput.net – ﷽ Sobat sekalian, melanjutkan artikel pembahasan tentang bangsa jin di artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas tempat tinggal jin. Jin, biasanya tinggal di tempat yang tidak dihuni oleh manusia seperti padang pasir. Ada juga yang tinggal di tong sampah dan tempat pembuangan kotoran.

Hal ini disabdakan Rasulullah ﷺ dalam sebuah hadits yang panjang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abdullah Bin Mas’ud Radiyallahuanhu bahwa Rasulullah ﷺ pernah keluar menuju padang pasir untuk mengajak mendakwahi mereka kepada Allah Azza wa Jalla. Beliau membacakan Alquran kepada mereka serta mengajarkan syariat syariat Islam.

Diatap Rumah

Ibnu Hajar Al asqalani mengatakan Ibnu Abi Dunya meriwayatkan dari Yazid bin Yazid bin jari berkata,

“Tidaklah sebuah rumah yang dihuni para penghuninya melainkan pada atap rumah mereka terdapat Jin jika mereka makan siang cincin ini turun dan makan bersama mereka dan begitu pula Ketika mereka makan malam.” (Fathul Bari : 6/345)

Di WC

Diriwayatkan dari Zaid bin Arqam radhiallahu Anhu beliau bercerita bahwa Rasulullah pernah bersabda,

“Sesungguhnya tempat tempat pembuangan kotoran ditempati oleh bangsa jin. Oleh karena itu jika salah seorang di antara kalian masuk ke dalam jamban, hendaklah ia berdoa.

اَللُّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَا لْخَبَاعِثِ

“Ya Allah Sesungguhnya hamba berlindung kepadaMu dari jin laki-laki dan jin perempuan.” (Shahih: HR Abu Dawud, Kitabut Thaharah bab 3)

Penulis kitab Ruqyah (Syaikh Wahid Abdussalam Bali) berkata, “Saya pernah bertanya kepada salah satu Jin muslim, “Apakah kamu bertempat tinggal di kamar mandi? Dia menjawab, “tidak“. Saya bantah ia, “Tetapi Di Dalam Hadis disebutkan bahwa cincin bertempat tinggal di WC dan kamar mandi.” Dia menjelaskan, “Yatapi ini khusus bagi jin kafir. Karena mereka lebih memilih tempat-tempat najis dan kotor sebagai tempat tinggal mereka.

Menurut saya bisa jadi perkataannya ini benar. Sebab saya pernah memperhatikan jin-jin kafir sangat membenci harum-haruman dan bau yang sedap khususnya minyak kasturi. Sementara jin muslim sangat menyukai aroma aroma seperti ini persis seperti kaum muslimin dari kalangan manusia.

Di Liang

Bahasa jin biasa menghuni gedung dan kamar-kamar. Imam Nasa’i meriwayatkan dari Qatadah dari Abdullah bin Sirjis, ia berkata, Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

لاَ يَبُلَنَّ اَحَدُكُمْ فِي الْحِجْرِ

“Janganlah salah seorang diantara kalian kencing pada liang liang.”

Mereka bertanya pada Qatadah, “Mengapa kita dimakruhkan untuk kencing pada liang liang? Dia menjawab, “Karena liang liang merupakan tempat tinggal jin.” (Shahih: HR Abu Dawud, Kitabut Thaharah bab 16 & 29)

Kandang Unta

Bangsa jin juga biasa menghuni kandang-kandang unta. Karena dalam sebuah hadits dikatakan bahwa kandang-kandang unta merupakan tempat tinggal setan. Sebagaimana yang terdapat pada Shahih Muslim dan kitab lainnya.

Wallahu’alam.

Sumber: Buku Ruqyah (Syaikh Wahid Abdussalam Bali)

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Fenomena, Ngaji, Ruqyah Syar'iyyah, Umum dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Inilah Tempat Tinggal Jin Di Sekitar Kita

  1. Wildan Fauzy berkata:

    ada dekata sekitar banget mas, tapi ditempat saya enggak ada kandang unta

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.