Jin, Tidak Bisa Dilihat Bukan Berarti Tidak Ada!

﷽ Kopisruput.net – Sobat sekalian, sekarang kita akan membahas tentang makhluk yang juga di ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala di dunia ini yakni Jin. Pembahasan ini sekaligus rangkuman dari buku Wiqayatul Insan Minal Jinn Wasy Syaithan karya Syaikh Wahid Abdussalam Bali.

Sebagai seorang muslim, meyakini adanya Jin adalah wajib. Karena salah satu sifat orang yang bertakwa disebutkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’Ala dalam surat Al-Baqarah ayat 1-3 yakni mereka yang beriman kepada yang ghaib.

Dalam hal ini, jin merupakan salah satu makhluk gaib yang harus kita yakini keberadaannya. Sebab banyak sekali dalil yang menyatakan tentang hal ini baik dari Alquran maupun dari Al hadits.

Dalil dari Al-Qur’an diantaranya: Al Ahqaf ayat 29, Al-An’am ayat 130, Ar Rahman ayat 33, Al Jin ayat 1 dan 6.

Dalil dari Hadits diantaranya:

– Imam Muslim dalam kitab Shahihnya (HR Muslim 4/170-Syarah Nawawi): Abdullah bin Masud radiallahu anhu bercerita, “Kami pernah bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pada suatu malam, tiba-tiba kami kehilangan beliau. Maka kami pun bergegas mencari beliau di bukit, lembah dan pegunungan. Kami berkata, “Apakah beliau diculik atau dibunuh? Sehingga malam itu pun menjadi malam terburuk yang pernah kami lalui dalam kehidupan kami. Pada pagi harinya, tiba-tiba beliau Shallallahu Alaihi Wa sallam datang dari arah gua Hira. Maka kami berkata, “Wahai Rasulullah, kami kehilangan engkau, lalu kami bergegas mencari-cari Baginda, tetapi kami tidak menemukan engkau, malam tadi merupakan malam terburuk yang pernah kami lalui. Beliau bersabda aku didatangi oleh seorang juru dakwah dari bangsa jin lalu aku pun berangkat bersamanya untuk membacakan Alquran bersama teman-temannya.

Ibnu Mas’ud melanjutkan ceritanya, ‘lalu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam mengajak kami untuk memperlihatkan bekas bekas yang ditinggalkan mereka dan bekas cahaya mereka. Jin-Jin tersebut juga menanyakan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam makanan apa yang harus mereka makan. Maka beliau bersabda, “Makanan kalian adalah tulang binatang yang kalian temukan dan ketika menyembelihnya di sebutkan nama Allah, dan itu merupakan makanan yang paling banyak dagingnya serta kotoran binatang. Kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Janganlah kamu istinja (cebok) dengan kedua benda ini, karena keduanya adalah makanan pokok bagi saudara-saudaramu (bangsa jin).

– Dari Abu Said al-Khudri radhiallahu anhu, Dia berkata, “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam pernah bersabda kepadaku: ‘Aku perhatikan kamu sangat menyukai kambing dan mengembalikannya ke lembah. Jika kamu berada di suatu lembah bersama kambingmu, lalu kamu ingin mengumandangkan suara adzan untuk shalat, keraskanlah suaramu. Karena setiap Jin, manusia dan apa saja yang mendengar suara muadzin yang mengumandangkan adzan kelak akan menjadi saksi baginya pada hari kiamat. (HR Bukhari, Malik, Nasa’i, dan Ibnu Majah)

– Dan masih banyak lagi dalil dalil lainnya yang menunjukkan keberadaan mereka.

Tidak Bisa Dilihat, Bukan Berarti Tidak Ada

Jika tidak bisa melihat Jin dijadikan dalil bahwa Jin tidak ada ,maka berapa banyak sesuatu yang tidak bisa kita lihat namun pada hakikatnya nya ia ada. Sebagai contoh arus listrik, tidak bisa kita lihat di kabel listrik tetapi kita bisa tahu bahwa ia ada melalui bekas-bekasnya pada lampu atau yang lainnya. Begitu pula udara yang setiap hari kita hirup untuk bernapas, kita tidak bisa melihatnya tetapi kita bisa merasakan keberadaannya.

Bahkan ruh atau nyawa yang merupakan salah satu penyangga kehidupan kita, karenanya kita bisa hidup dan tanpa nya kita mati. Tidak bisa kita lihat dan ketahui hakekatnya. Namun demikian kita menyakini keberadaannya.

Barakallahu Fiik.

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Fenomena, Ngaji, Ruqyah Syar'iyyah dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.