Ucapkan MasyaAllah Untuk Menghindari ‘Ain

﷽ – Ucapkan MasyaAllah Untuk Menghindari ‘Ain. Di artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang penyakit ain. Ain adalah penyakit yang disebabkan pandangan mata, baik itu karena kekaguman maupun kedengkian yang berlebih. Untuk itu kita harus berusaha menghindari ‘Ain ini agar tidak menimpa diri kita, dan juga agar kita tidak menimpakan ain kepada orang lain. Bagaimana caranya? Salah satunya salah membiasakan diri mengucapkan ‘MasyaAllah‘.

Ain tidak hanya menimpa manusia saja. Bahkan barang, rumah, kendaraan dan benda benda lainnya bisa tertimpa ain ini dan menyebabkan kerusakan. Makanya, Di Saudi Arabia, untuk menghindari ‘ain (pandangan mata yang merusak/membinasakan), di kaca belakang kendaraan di tulis “Masyaallah..”

Biasakan ketika ingin memuji atau kagum pada sesuatu, baik itu memuji rumah, kendaraan, atau seseorang, dahulukanlah dengan memuji Allah Azza wa Jalla. Contoh: masyaallah lucunya bayi ini. Atau bisa juga; masyaallah bagusnya rumah ini.

‎عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَيْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ وَإِذَا اسْتُغْسِلْتُمْ فَاغْسِلُوا

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Ain (mata jahat) itu benar-benar adanya, jika seandainya ada sesuatu yang mendahului qodar,maka akan didahului oleh ain.Apabila kamu diminta untuk mandi maka mandilah. (hadist riwayat Muslim)

‎عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ

Dari ‘Aisyah radhiyallahu anha,Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda: Mintalah kalian perlindungan kepada Allah dari ain (mata jahat) karena sesungguhnya ain itu haq (benar) (HR ibnu Majah)

Penyakit ‘Ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pengaruh buruk pandangan mata,yaitu pandangan mata yang disertai rasa takjub atau bahkan iri dan dengki terhadap apa yang dilihatnya.

Dari Amir bin Rabi’ah radhiyallahu anhu :

‎قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ أَخِيهِ أَوْ مِنْ نَفْسِهِ أَوْ مِنْ مَالِهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيُبَرِّكْهُ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ

Rasullullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian melihat sesuatu yang menakjubkan dari saudaranya, pada dirinya atau pada hartanya, maka doakan keberkahan padanya, karena sesungguhnya penyakit ain itu haq (benar). (HR Ahmad).

Bagi yang gemar selfie juga harap berhati-hati. Karena bisa jadi tanpa kita sadari ada yg diam-diam kagum kepada anda lalu tanpa sadar anda terkena ‘ain dr kekaguman berlebihnya kepada anda. Atau bisa juga dr kebencian yg berlebih kepada anda. Allahu’alam

Sumber : @DakwahTauhid

Barakallahu Fiik,

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Fenomena, Nasehat, Ngaji, Ruqyah Syar'iyyah, Tips and Trik dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.