Tipu Daya Setan, Menghiasi Kebatilan Dengan Nama Nama Yang Indah

Kopisruput.net – Sesungguhnya setan tidak akan mendatangi manusia dan berkata kepadanya,”Lakukanlah kemaksiatan seperti ini supaya kamu mendapatkan siksaan yang pedih.” Tetapi setan akan mendatanginya dengan menjelma menjadi seorang penasehat yang jujur dan baik.

Dengan tipu daya seperti inilah ia berhasil menggoda dan menjerumuskan Nabi Adam alaihissalam dan Hawa dan membuat mereka keluar dari surga. Allah Ta’ala berfirman,

وقا سمهما انی لكما لمن النصحين (٢١)

“Dan ia (setan) bersumpah kepada keduanya, “Sesungguhnya saya adalah termasuk orang yang memberi nasehat kepada kamu berdua.” (Al A’raf: 21)

Oleh karena itu Allah azza wa jalla wanti-wanti kita agar senantiasa mewaspadai fitnah dan tipu daya seperti ini. Allah azza wa jalla berfirman,

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ ٱلشَّيْطَٰنُ كَمَآ أَخْرَجَ أَبَوَيْكُم مِّنَ ٱلْجَنَّةِ يَنزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْءَٰتِهِمَآۗ إِنَّهُۥ يَرَىٰكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُۥ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْۗ إِنَّا جَعَلْنَا ٱلشَّيَٰطِينَ أَوْلِيَآءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ

“Hai anak Adam janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua Ibu bapakmu dari surga ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada kedua auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka Sesungguhnya kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. (Al A’raf: 27)

Ibnu Katsir menafsirkan ayat ini, “Allah azza wa jalla memperingatkan anak Adam agar bersikap waspada terhadap iblis dan teman-temannya, seraya menjelaskan kepada mereka (anak Adam) bahwa iblis itu adalah musuh bebuyutan bapak seluruh umat manusia, yaitu Nabi Adam a.s. Iblis telah berupaya mengeluarkan Adam dari surga yang merupakan darunna’im (rumah kenikmatan), hingga akhirnya Adam dikeluarkan darinya sampai di darut tu’ab (rumah ke­payahan dan penuh penderitaan). Dan iblislah penyebab utama yang membuat auratnya terbuka, padahal sebelumnya selalu dalam keadaan tertutup, sehingga dia sendiri tidak dapat melihatnya. Hal tersebut tiada lain terjadi karena terdorong oleh permusuhan yang sengit dalam diri iblis terhadap Adam. Perihalnya sama dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya:

Patutkah kalian mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain dari-Ku, sedangkan mereka adalah musuh kalian? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim. (Al Kahfi:50)

Diantara sebagian salafus Saleh pernah mengatakan, “Apabila setan menghampiri (mengganggumu) ketika melaksanakan shalat dan berkata, ‘Sesungguhnya kamu ini Riya’. Maka panjangkanlah sholatmu!. Hal ini untuk melawan bisikan setan yang ada dalam hati kita.

Keselamatan hanya akan diraih dengan melawan dan tidak mengikuti jejak langkah setan meskipun ia berpura-pura menjelma sebagai seorang penasehat yang jujur dan baik kepada manusia.

Menampakkan kemaksiatan Dengan Nama Nama Yang Menyenangkan

Setan menghiasi keburukan yang memiliki gambar buruk dengan menutupinya menggunakan tutup keindahan yang disukai jiwa manusia. Maka waspadalah, karena Setan senantiasa menyihir akal manusia agar cenderung kepada maksiat dan dosa.

Seperti iblis yang menamakan pohon terlarang dengan nama Syajaratul Khuldi (pohon kekal).

Ibnul Qayyim berkata, “Para pengikut iblis menampakan perbuatan-perbuatan terlarang dengan nama-nama yang disukai hati mereka menamakan Khamar dengan Ummul Afrah (induk kesenangan).”

Menamakan Riba dengan ‘Bunga‘ padahal dosanya ngeRIBAnget, menamakan dukun hitam dengan dukun putih (Padahal semua dukun itu gak ada yang putih, kalau ada itu hanyalah akal akalan setan agar kita terkecoh dan menganggap baik dukun putih), ritual bid’ah dianggap Sunnah, yang Sunnah malah terlupakan dan segala macam syubhat lainnya yang menyambar hati manusia. Semua itu tujuannya tidak lain agar wajah buruk kebatilan tak nampak oleh manusia.

Maka Waspadalah….!!!!

Barakallahu fikum,

Sumber : dirangkum dari KITAB terjemah RUQYAH (Syaikh Wahid Abdussalam Bali)

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Nasehat, Ngaji, Ruqyah Syar'iyyah dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.