Syarat Berobat Dengan Terapi Ruqyah Syariyyah

Kopisruput.net – Jika kita hendak melakukan pengobatan melalui ruqyah syariyyah ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai pasien. Syarat ini tujuannya tidak lain untuk mempermudah proses penyembuhan dan membantu tindakan terapi dengan Al Qur’an Al Karim dengan cara yang shahih dan benar. Diantara syarat itu adalah:

  1. Bertaubat kepada Allah Ta’ala dan memohon ampun kepada-Nya dengan beristighfar.
  2. Menyandarkan semua urusannya kepada Allah Ta’ala. Terapis hanyalah sebab atau sarana yang mengantarkan pada kesembuhannya dengan izin Allah Ta’ala.
  3. Iman yang kuat dan keyakinan yang penuh kepada Allah Ta’ala dan penyembuhan dengan ayat-ayat Al-Quran Al-Karim.
  4. Bersabar menjalani penyakit yang diderita, tidak berkeluh kesah. Dia harus banyak-banyak memuji Allah Ta’ala dan berdoa kepadanya agar Dia menyembuhkan dirinya dari penyakit yang diderita dan menolongnya untuk mengalahkan setan yang ada di tubuhnya.
  5. Sesudah Allah menyembuhkannya dia harus meneguhkan imannya serta menjaga shalat dan ibadahnya. Dengan semua itu diharapkan tidak membuka kesempatan bagi jin atau setan untuk merasuki dirinya untuk kedua kalinya.
  6. Untuk kaum wanita mereka harus tetap mengenakan hijab dan pakaian Islam baik ketika menjalani terapi maupun sesudah terapi karena tabarruj (membuka aurat dan mempertontonkan kecantikan kepada orang lain) akan membuka pintu-pintu setan.
  7. Pasien baik pria maupun wanita haruslah senantiasa menjaga bahwa hubungan antara dia dengan terapis tidak boleh melampaui batas sebagai terapi Qur’ani, sehingga tidak memberi kesempatan masuknya fitnah setan untuk merusak mereka berdua maupun terapi yang sedang dilakukan.
  8. Sepanjang masa terapi dan sesudahnya pasien harus melazimi (membiasakan) berdzikir terutama dzikir pagi petang dan membaca Al-quran serta memaksa dirinya untuk itu sejak awal kalinya walaupun itu terasa berat baginya.
  9. Memperbanyak doa permohonan kepada Allah agar Dia menyembuhkannya diiringi dengan banyak mengucapkan shalawat atas Nabi Muhammad ﷺ.

💡Fatwa Syaikh Abdullah al-Jibrin, beliau mengatakan:

Bacaan ruqyah tidak akan berguna terhadap orang yang sakit kecuali dengan beberapa syarat:

1. Orang yang sakit adalah orang yang beriman, shalih, baik, takwa, konsisten (istiqamah) atas agama, jauh dari yang diharamkan, maksiat, sifat aniaya, karena firman Allah سبحانه و تعالى,

“Dan Kami turunkan dari al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zhalim selain kerugian.” (Al-Isra’ :82).

Dan firmanNya,

“Katakanlah, ‘Al-Qur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang al-Qur’an itu suatu kegelapan bagi mereka.” (Fushshilat :44).

Biasanya tidak begitu berpengaruh terhadap ahli maksiat, meninggalkan kewajiban, takabbur, sombong, melakukan isbal (menjulurkan pakaian hingga menutupi mata kaki, pent-), mencukur jenggot, ketinggalan shalat dan menundanya, melalaikan ibadah dan seumpama yang demikian itu.

2. Orang yang sakit meyakini bahwa al-Qur’an adalah penawar, rahmat, dan obat yang berguna. Apabila ia ragu-ragu, maka hal itu tidak ada gunanya. Misalnya ia berkata,

“Cobalah ruqyah. Jika bermanfaat, Alhamdulillah dan jika tidak bermanfaat juga tidak apa-apa.”

Tetapi ia harus yakin dengan mantap bahwa ayat-ayat tersebut benar-benar bermanfaat dan sesungguhnya ayat-ayat itulah yang merupakan penawar yang sebenarnya, sebagaimana yang dikabarkan oleh Allah.

Maka, apabila syarat-syarat ini telah terpenuhi, niscaya bermanfaat dengan izin Allah.

Demikian sobat, beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum dan sesudah melakukan terapi ruqyah syariyyah ini. Dan yang terpenting untuk kita adalah terus menjaga ibadah kita dengan ikhlas dan ittiba’ serta meninggalkan hal hal yang bisa mengundang setan atau jin kembali lagi kepada kita.

Sumber : Ensiklopedi Pengobatan Islam (Sya’ban Ahmad Salim) dan @infoseputarruqyah

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan, Ngaji, Umum dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.