Berlindunglah Kepada Allah Ketika Melewati Tempat Angker, Baca Doa Ini

Kopisruput.net – Mintalah Perlindungan pada Allah (ber-istiadzah) ketika melewati tempat angker. Kebiasaan yang sering terjadi dimasyarakat awam, mereka meminta perlindungan kepada yang mbahu rekso (pimpinan jin yang menghuni tempat tersebut) ketika melewati tempat yang dianggap angker.

Mereka biasa meminta mengatakan, “Amit Mbah, nyuwun Sewu Mbah…dst. Mbah yang dimaksud disini adalah pemimpin jin yang dimintai pertolongan agar orang tersebut tidak diganggu atau ditakut-takuti.

Dalam Islam kita selalu diajarkan untuk berlindung hanya kepada Allah Ta’ala, dan berlindung kepada makhluk atau selain-Nya termasuk syirik karena menjadikan sekutu bagi Allah Ta’ala. Untuk itu, ketika kita mampir di suatu tempat yang dianggap angker, mintalah perlindungan pada Allah seperti yang diajarkan Nabi ﷺ.

Khoulah binti Hakim bin Umayyah As Sulamiyyah berkata bahwa ia pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda,

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلاً ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ. لَمْ يَضُرُّهُ شَىْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

“Barangsiapa yang singgah di suatu tempat lantas ia mengucapkan “a’udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa kholaq” (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya)”, maka tidak ada sama sekali yang dapat memudhorotkannya sampai ia berpindah dari tempat tersebut.” (HR. Muslim no. 2708).

( مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ)

(Dari kejahatan makhluk yang diciptakan-NYA), Ibnul Qayyim mengatakan yakni dari setiap kejahatan pada setiap makhluk yang padanya terdapat keburukan baik binatang atau selainnya, manusia atau jin, hantu, atau hewan melata, angin atau petir atau bala apapun di dunia dan akhirat.

Dzikir di atas termasuk di antara bacaan dzikir sore / petang yang bisa dirutinkan setiap harinya.

Dari Abu Hurairah, Nabi ﷺ bersabda,

مَنْ قَالَ حِينَ يُمْسِى ثَلاَثَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ حُمَةٌ تِلْكَ اللَّيْلَةَ

“Barangsiapa mengucapkan ketika masaa’ “a’udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa kholaq” (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya) sebanyak tiga kali, maka tidak ada racun yang akan membahayakannya.”

Suhail berkata, “Keluarga kami biasa mengamalkan bacaan ini, kami mengucapkannya setiap malam.” Ternyata anak perempuan dari keluarga tadi tidak mendapati sakit apa-apa. (HR. Tirmidzi, beliau mengatakan hadits ini hasan).

Inilah keutamaan meminta perlindungan dengan kalimat Allah. Do’a tersebut berisi meminta perlindungan pada Allah dari makhluk yang jahat.

Jadi bukan dengan meminta perlindungan pada penjaga atau si mbau rekso dari tempat yang angker. Seorang muslim haruslah meminta perlindungan pada Allah semisal ketika melewati tempat yang dikatakan angker. Karena hati akan semakin tenang dengan bergantungnya hanya kepada Allah Ta’ala. Dan dengan sebab itu Allah akan beri jalan keluar.

Ya Allah, lindungilah kami dari segala macam kesyirikan dan jadikanlah kami sebagai hamba yang dapat terus mentauhidkan-Mu.

Sumber : Rumaysho, Fathul Majid

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Ngaji, Tips and Trik dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.