Sulit Di Bedakan, Warna Uang Kertas 2.000 dan 20.000 Baru Yang Mirip Sering Bikin Kecele

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kopisruput.net – Dulur sekalian pernah mengalami gak salah ambil lembaran uang kertas 2 ribuan dan 20 ribuan yang baru. Di media sosial akhir akhir ini sedang ramai dibicarakan gara gara warna uang kertas 2 ribuan dan 20 ribuan yang hampir sama dan susah dibedakan jika tidak di lihat dengan seksama.

Saya sendiri pernah kejadian pas beli barang di toko kelontong. Ketika uang kembalian sudah ditangan dan hendak pulang, tiba tiba ibu pemilik warung kembali memanggil saya dan meminta memperlihatkan uang kembalian 2 ribuan yang saya pegang tadi. Ibu tadi ternyata cuma memastikan uang kembaliannya sudah benar yakni 2 ribu dan tidak keliru dengan uang 20 ribuan.

Itu adalah contoh kejadian kecil dan ternyata di luar sana banyak kejadian kejadian lain yang serupa dan lebih parah. Contohnya adalah yang share oleh akun Backpackeran Nusantara ini.

Bagikan,
Tolong donk pemerintah : Dua pecahan uang ini diganti/diperbaiki model coraknya. Krn sudah tak terhitung byknya korban ‘salah kembalian’; utamanya pelaku ekonomi lapisan bawah.

Spt yg barusan terjadi : beli tahu bungkus (diseorang penjual wanita-tua) harganya 7rb, dikasih uang 10rb, kok dikembalian 21rb?

#Kasihan_rakyat_kecil udah mah susah cari uang, ditambah apa-apa serba mahal, tertimpa tangga pula “nombokin” krn salah kembalian.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1658720544214316&set=a.108403829246003.17780.100002291582289&type=3&theater

Netizen pun banyak yang mengomentari dan sekaligus curhat karena pernah mengalami kasus serupa gara gara dua uang kertas yang mirip tersebut. Diantaranya,

Meyta : “Iya pernah pas naik komuter harusnya kembali 20ribu ini hanya 2ribu saja..klo berfikir positif mungkin salah lihat..tapi klo berfikir negatif..berapa banyak korban berapa banyak uang masuk kantong pribadi…

Se7..utk tarik dan ganti warna”

Zaruera : “Pernah ada tetangga udah tua beli ke toko pake uang 2 rb dikirain 20.minta kembalian dikasih tau yg jual kalo uangnya cuma 2 ribu nenek itu tetep ngeyel kalo uangnya 20..akhirnya yg jual minta gnti uang yg lain aja. Dr pada ribut”

Melky : “Gua juga pernah ni,, kemarin gua belanja di minimarket, trus pas slesai belanja gua sisain uang mi gua dalam dompet selembar yaitu uang 20.000rbu,,, buat gua isi bensin di prtamina,, smpe di prtamina gua isi bnsin 20.000rbu,, slesai isi bnsin, gua langsung ngambil uang gua dari dompet yg tinggal selembar itu,, pas gua ngasih ,, si penjaga bnsin langsung blg, slaah dek ini uang 2000 rbu,, sumpah sblum y gua ngak tau klo yg gua simpan dari tdi tu ternyata uang 2000rbu,, njir malu abis gua, krna hari itu pas lagi bnyak2 y orng buat ngantri isi bnsin,, gua ngk tau mau byar pke apa lagi, soal y uang gua udah hbis buat blanja,, pas gua jelasin baik2 si penjaga bnsin y ngerti ,, dan suruh gua plg ,, selamat gua dari kejadian mengerikan itu..”

Itulah beberapa curhatan netizen Lur. Mungkinkah pemirsa disini ada yang mengalami hal serupa?

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Fenomena, Sekitar Kita, Umum dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s