Puasa Arafah 9 DzulHijjah, Inilah Keutamaannya

image

Kopisruput.net – Puasa Arafah adalah puasa Sunnah yang dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijah yakni ketika jamaah haji melakukan puncak ibadah hajinya yakni Wukuf di Padang Arafah. Apa saja keutamaan dari puasa Arafah ini??

Adapun kaum Muslimin yang tidak wukuf di Arafah di Sunnah berpuasa Arafah ini. Sedangkan mereka yang Wukuf tidak berpuasa.
Tentang puasa Arafah ini terdapat dalam hadis dari sahabat Abu Qatadah, bahwa Nabi shallallahu’alaihi wasallam pernah ditanya tentang puasa arafah dan puasa Asyuro, beliau menjawab:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

“Puasa satu hari Arafah (9 Dzulhijjah), saya berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Dan puasa hari ‘Asyura’ (10 Muharram), saya berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.” (HR. Muslim, no 1162).

Dari hadits diatas kita mengetahui, puasa sunnah Arafah ternyata memiliki keutamaan yang sangat istimewa yakni dapat menghapus dosa satu tahun sebelum dan satu tahun sesudahnya.

Tata cara puasa Arafah sama seperti puasa pada umumnya. Malam hari kita niatkan hati kita untuk puasa Arafah. Dan siangnya berpuasa serta perbanyak amal shaleh.

Begitu besarnya keutamaan puasa Arafah ini, sebagai seorang Muslim sangat di anjurkan untuk berpuasa. Karena akan sangat rugi jika kita tidak mengerjakannya.

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Ngaji dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Puasa Arafah 9 DzulHijjah, Inilah Keutamaannya

  1. Ihsanarena berkata:

    Alhamdulillah kalau masih bisa ketemu 9 arafah, lumayan juga buat menghapus dosa selama 2 tahun… jarang2 beginian kan ya… Barakallahufiik…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s