Raja Salman Ingatkan Presiden Trump Agar Minum Dengan Tangan Kanan

image

Kopisruput.net – Kunjungan Donald Trump ke Arab Saudi menjadi pusat perhatian masyarakat dunia. Dan salah satu moment yang tak lepas dari perhatian adalah ketika Raja Salman mengingatkan Trump untuk menggunakan tangan kanan saat meminum secangkir kopi Arab.

Tradisi di Arab Saudi setiap tamu negara di sambut dengan secangkir kopi. Ketika Presiden Amerika, Trump tiba di bandara Riyadh, dia langsung disambut dengan upacara tradisi meminum kopi. Kopi Arab Saudi terkenal keras, lebih keras dari kopi di AS.

Trump menerima secangkir kopi itu dengan tangan kiri. Hampir saja Trump menenggak kopi dengan tangan kiri. Namun sebelum meminumnya, Raja Salman yang berdiri di sampingnya tidak canggung untuk mengingatkan bahwa minum harus dengan tangan kanan. Trump yang saat itu bersama dengan Melania, istrinya langsung memindahkan cangkirnya ke tangan kanan, dan meminumnya bersama dengan Raja.

“Dengan tangan kanan,” kata Raja Salman.
“Selalu dengan tangan kanan, benar kan, selalu dengan tangan kanan,” jawab Trump.

Raja Salman adalah seorang Raja yang taat dalam menerapkan ajaran Islam dan Sunnah Rasulullah. Dan ini adalah salah satu bagian dakwah dari sang Raja kepada presiden Trump.

Menggunakan tangan kanan untuk makan dan minum adalah salah satu sunnah Nabi Muhammad. Dalam sunnahnya, tangan kanan digunakan untuk semua hal yang baik, salah satunya makan dan minum, sementara tangan kiri untuk bersuci dari hadats.

Dalam sejumlah Hadist dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam disebutkan antara lain dari ‘Aisyah radhiallahu’anha, dia berkata,

“Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam setiap urusannya.” (HR Bukhari)

Dalam Hadist lain dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma, Rasulullah bersabda,

“Jika seseorang dari kalian makan, maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR Muslim)

Hal itu kemudian diperkuat dalam Hadist lain dari Jabir bin ‘Abdillah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,
“Janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena setan makan dengan tangan kiri.” (HR Muslim)

Sementara dalam Alquran, manusia dilarang mengikuti langkah setan, seperti dalam surah An Nur ayat 21,

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah setan, sesungguhnya ia menyuruh kepada perbuatan buruk dan kemungkaran.”

Presiden Donald Trump melakukan kunjungan ke Arab Saudi dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi negara Arab, Islam, dan Amerika.

Video,

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Peristiwa, Sosok Wajah, Umum dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s