Waspadai Coretan Di Dinding, Bisa Jadi Kode Rahasia Komplotan Maling

image

Kopisruput.net – Tak jarang kita melihat ada coretan coretan di dinding rumah, tiang listrik, pagar atau di bak sampah di sekitar rumah. Dalam beberapa kasus coretan coretan di dinding memang murni Vandalisme. Tetapi ternyata di sisi lain ada juga para gerombolan pencuri yang menggunakan coretan sebagai kode kode rahasia.

Bagi masyarakat yang tidak tahu, mungkin biasa saja ketika melihat ada coretan di dinding berupa huruf dan angka atau simbol. Tapi siapa sangka jika coretan tersebut ternyata kode yang dibuat komplotan pencuri?

Yap, ada banyak cara komplotan pencuri sebelum melakukan aksinya. Salah satunya adalah memberi kode pada rumah rumah yang sedang mereka incar. Tahun lalu sudah mulai tercium cara ini, oleh karena itu kita harus waspada dengan kode kode misterius di sekitar lingkungan kita. 

Berikut ini adalah beberapa contoh kode kode pencuri yang berhasil terungkap.

Tanda silang merah
Yang berarti para pencuri menandai rumah tersebut karena ada yang dijaga satpam atau tidak pernah sepi. Kode ini ditujukan kepada rekan pencuri lain untuk menandakan bahwa rumah tersebut sulit jadi target pencurian.

Tanda silang hitam atau putih
Tanda ini menandakan bahwa sebuah rumah tidak ada penjaganya sama sekali, sehingga si pelaku pencurian bisa lebih tenang dalam menjalankan aksinya.

image

image

PA
PA adalah singkatan dari Posisi Aman. Kode ini dimaksudkan untuk menandai rumah yang terbebas dari hiruk pikuk warga sekitar, atau tidak banyak orang yang melintas dan nongkrong di sekitar rumah.

Kode Alamat Rumah
Kode pencuri tidak selalu ditulis di sekitar rumah incaran. Sasaran lokasi rumah incaran bisa di tulis dengan kode sesuai alamat rimah agar rekannya lebih mudah menemukan rumah tersebut. Biasanya si pengintai akan menulis kode di sekitar jalan masuk kampung atau perumahan. Contoh, B6015
B – Banteng (nama kampung atau perumahan)
6 – Nama blok
015 – Nomor rumah target
Bahkan ada kode alamat rumah sasaran pun bisa ditulis di sebuah tong sampah.

Waktu aman menjalankan aksi
Si pengintai juga mengamati waktu waktu yang aman untuk mencuri. Biasanya si pencuri sudah lama memperhatikan keseharian keadaan di sekitarnya.
Misalnya dengan kode angka 5724,
57 – waktu aman menjalankan aksi pertama adalah antara pukul 5 sore sampai 7 malam
24 – waktu aman menjalankan aksi kedua adalah antara pukul 2 pagi sampai 4 pagi

image

– STRONG
Kode ini mengindikasikan bahwa sebuah rumah aman dan sangat direkomendasikan sebagai sasaran pencurian, bisa karena harta yang ada di dalamnya sangat banyak dan bernilai tinggi.

Itulah beberapa kode yang sudah terungkap saat ini, bisa saja kini maling juga sudah berinovasi lagi dan ada kode kode baru lagi. Yang pasti kita harus terus waspada dengan kode kode misterius di sekitar kita.
Jika melihat kode kode misterius, sebaiknya kita segera menghapus coretan tersebut. Jangan lupa juga memberitahukan kepada tetangga kita, warga sekitar, RT RW setempat jika kita melihat kode tersebut sebagai langkah mengurangi tindak kejahatan di lingkungan kita.

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Fenomena, Sekitar Kita, Tips and Trik, Umum dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s