Awas, Selfie Pakai Dua Jari “Peace” Ternyata Berbahaya!

image

Marc Marquez

Hayoo…yang biasanya suka Selfie pakai dua jari nih. Hati hati….Karena baru baru ini menurut tim peneliti di Japan National Institute of Informatics (NII) mengungkapkan adanya bahaya pencurian sidik jari dari foto-foto dengan pose dua jari atau jari yang membentuk simbol peace (pissss).

Teknologi recognition sidik jari saat ini terjual bebas untuk memverifikasi identitas, seperti saat menyalakan ke ponsel pintar, tablet atau komputer laptop. Penyebaran perangkat mobile dengan kamera berkualitas tinggi dan situs media sosial membuat kita lebih leluasa mengunggah foto yang bisa meningkatkan risiko bocornya informasi personal.

Peneliti NII mampu mengkopi sidik jari berdasarkan foto yang dijepret dengan kamera digital sejauh tiga meter dari obyek.
Hanya dengan menunjukkan tanda ‘peace’ saat foto, sidik jari sangat mudah tersebar,” kata peneliti NII Isao Echizen dilansir laman Mashable. Menurut dia, data sidik jari dapat dibuat ulang jika sidik jari jelas terlihat dengan fokus dan pencahayaan yang baik.

Selain itu, dia menambahkan teknologi canggih tak diperlukan untuk pencurian identitas tersebut dan siapapun bisa melakukan itu. NII mengatakan, mereka mengembangkan film transparan yang mengandung titanium oksida yang bisa ditempelkan di jari untuk menyembunyikan sidik jari. Tapi teknologi itu belum siap tersedia setidaknya dua tahun dari sekarang.

Nah, Masih mau Selfie pakai dua jari..? Boleh saja, asalkan pas Selfie jarinya di balik aja biar gak kelihatan sidik jarinya….Hehe.

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Fotografi, Sekitar Kita, Teknologi, Umum dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Awas, Selfie Pakai Dua Jari “Peace” Ternyata Berbahaya!

  1. Suci Su berkata:

    Wah.. Marc Marquez.. Haha. Gagal fokus..

    Suka

  2. imavandam berkata:

    Klo jarinya dibalik artinya bukan peace loh tapi f**koff 😉 jadi ati2 juga krn akan berbeda maknanya 😅

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s