Tips Atasi Muncul “Sayangya, proses android.process.acored telah berhenti” Pada Ponsel Android

image

Kopisruput.net – Beberapa hari yang lalu, gadget Android yang setia menemani aktivitas ngeblog saya lagi rada kurang sehat. Tiap buka hape dilayar mesti muncul notifikasi Unfortunately, the process android.process.acore has stopped, atau Sayangnya, proses android.process.acore telah berhenti. Tentunya sangat mengganggu juga nih, karena notif muncul berulang ulang. Tapi beruntung setelah saya utak atik, akhirnya ketemu juga permasalahannya dan dapat diatasi tanpa harus opname ke servis center 😀 Hape sampeyan mengalami masalah demikian?? Jangan khawatir, coba trik saya berikut ini.

Penyebab Masalah Unfortunately, the process android.process.acore has stopped, atau Sayangnya, proses android.process.acore telah berhenti.

Pertama, penyebab muncul notif diatas adalah ponsel android sampeyan kehabisan ruang RAM nya sob. Apalagi jika ponsel android sobat memiliki spek RAM yang minim misalnya 512 Mb atau 1 GB. Jangankan RAM segitu, Android yang saya pakai ini RAM nya tergolong lapang lho sob, yakni RAM 2GB…. kurang besar apa coba?? 😂😂
Dari hasil analisa saya saat beberapa kali mengalami masalah ini. Akhirnya ketemu dengan penyebab keduanya….

Kedua, penyebabnya adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstall di android. Apalagi aplikasi nya memakan RAM cukup besar. Ini yang terjadi pada android saya sob….saking banyaknya aplikasi terinstall dan rata rata memiliki memori yang besar dan berat akhirnya RAM 2GB pun tak kuasa menjalankannya. Akhirnya muncullah notifikasi diatas…. 😰

image

Ilustrasi

Tips Mengatasi masalah Unfortunately, the process android.process.acore has stopped,  atau Sayangnya, proses android.process.acore telah berhenti.

Salah satu cara adalah dengan mereset ulang android. Bisa juga merestart ulang….namun cara ini sudah saya coba, masalah hilang, namun tidak lama kemudian ketika RAM penuh masalah muncul lagi… 😥

Cara ampuh kedua adalah menghapus beberapa Aplikasi yang menurut sampeyan kurang penting, jarang di gunakan, atau tidak pernah anda sentuh sama sekali. Biasanya Aplikasi bawaan ponsel yang kurang penting di hapus saja atau dinonaktifkan.
Dengan cara kedua ini saja, masalah di hape saya kini sudah teratasi sob. Tanpa harus dibawa ke service center, ataupun melakukan custom ROM.

Namun seiring perkembangan teknologi, aplikasi android semakin canggih, berat, dan semakin banyak memakan ruang memori hape sob. Jadi jangan kaget, semakin hari, tiap tahun muncul hape android baru dengan spesifikasi RAM yang terus meningkat.

Penyebab Lain

Ini khusus bagi mereka yang biasa melakukan custom ROM sob. Biasanya saat custom ROM ada beberapa aplikasi system android yang terhapus. Sehingga android anda gagal menjalankan sebuah aplikasi dan terjadilah force close.

Nah, demikian sob sekelumit tips dan trik perbaikan android yang muncul notif Unfortunately, the process android.process.acore has stopped, atau Sayangnya, proses android.process.acore telah berhenti. Semoga bisa membantu…

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Gadget, Teknologi, Tips and Trik, Umum dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Tips Atasi Muncul “Sayangya, proses android.process.acored telah berhenti” Pada Ponsel Android

  1. riskiantropus berkata:

    Makasih infonya. Sangat membantu sekali. Iya sering gondok sendiri kalo ada kata kek gitu

    Disukai oleh 1 orang

  2. herijebrik berkata:

    sangat bermanfaat informasinya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s