Suara Menggelegar Di Langit Solo, Ternyata Sonic Boom Dari Pesawat Latihan

image

Kopisruput – Suara menggelegar terjadi di langit kota Solo kemarin siang sontak bikin gempar warga sekitar. Karena saking kerasnya suara dentuman hingga terdengar ke daerah yang cukup jauh disekitarnya. Banyak yang mengira suara dentuman keras tersebut berasal dari pesawat jatuh di daerah Kabupaten Karanganyar dimana suara tersebut berasal.

Setelah ditelusuri ternyata suara tersebut bukan dari pesawat jatuh, melainkan suara pesawat yang sedang latihan dan melintas di daerah Karanganyar. Kok bisa suaranya menggelegar seperti itu??
Menurut penuturan Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Lanud Adisoemarmo Solo menanyakam perihal asal suara dentuman itu. Dan dari informasi yang diterima, ternyata ada pesawat F-16 yang tergolong pesawat Supersonic dari Lanud Iswahjudi Madiun yang tengah latihan, dan mengeluarkan suara melebihi kecepatan suara (sonic boom).

Apa itu Sonic Boom??
Coba search di Wikipedia, Sonic Boom atau dentuman Sonic adalah istilah bagi gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik.

Saat pesawat terbang melebihi kecepatan suara, muncullah gelombang kejut pada bagian tertentu pesawat. Gelombang kejut adalah daerah di udara di mana terjadi perubahan (tekanan udara, temperatur, densitas) secara dadakan. Gelombang kejut ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca-kaca. Karena itu pesawat supersonik biasanya tidak terbang di atas daerah berpenduduk.

Lebih rinci lagi, soal Sonic boom ini terjadi karena kecepatan pesawat melampaui kecepatan suara, yakni 1.236 km per jam. Ketika pesawat mendekati kecepatan suara, udara di depan pesawat itu tertekan dan tertahan, tak ada ruang untuk lari lagi. Karena tertahan di bagian depan, berbagai gelombang suara itu pun mengumpul dan terakumulasi. Terbentuklah sebuah suara yang sangat keras yang kita kenal sebagai sonic boom tersebut. Cakupan wilayah yang bisa mendengar suaranya cukup luas karena gelombang suara berbentuk kerucut bergerak mengikuti pesawat…

image

Contoh pesawat tempur supersonic diantaranya adalah F-16, Typhoon, dan banyak lagi.

Nah, begitulah sob…ternyata bukan pesawat jatuh, melainkan Sonic Boom dari pesawat F-16 yang melintas.

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Fenomena, Peristiwa, Sekitar Kita, Teknologi, Umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s