Penasaran Dengan Mukidi?? Ternyata Bapak Inilah Orang Dibalik Sosok Mukidi Itu

image

Kopisruput.net – Nama Mukidi mulai ngehits di kalangan netizen beberapa hari ini. Banyak yang penasaran dengan sosok Mukidi yang misterius ini termasuk KS sendiri…hihihi. Selama ini sosok Mukidi terkenal karena kisah cerita banyolannya yang sudah menyebar di medsos dan di Whatsapp…ngobrol di grup grup WA isinya pada bahas Mukidi….Mukidi…dan Mukidi yang bikin orang terkekeh kekeh membacanya. Penasaran siapa Mukidi?? Yuukkk…

Nama Mukidi ini lekat sekali dengan nama orang daerah Jawa Tengah dan Jawa Timuran. Dalam beberapa kisahnya nama Mukidi kebanyakan menggambarkan sosok yang periang, kocak, ndeso dan terkadang sering bikin kesal lawannya…Makanya kalau dengar nama Mukidi pasti yang kebayang orangnya ndeso, wajahnya ngeselin….wkwkwkkw. Tapi saya yakin gak semua Mukidi lho.
Dari hasil penelusuran KS, ternyata ada salah satu blog yang berisi kisah keseharian Mukidi ini yakni https://ceritamukidi.wordpress.com/  Dari situlah banyak sekali kisah kisah dari Mukidi ini yang sudah di posting sejak 2012 lalu.

image

Dari blog Cerita Mukidi itulah diketahui jika Mukidi sebenarnya adalah tokoh Fiksi yang pertama kali di kenalkan oleh Pak Soetantyo yang tidak lain adalah penulis di blog cerita Mukidi itu. Siapa sebenarnya Pak Soetantyo?? Dalam penelusuran KS, Pak Soetantyo Pria kelahiran 7 Februari 1954 ini merupakan pensiunan sebuah perusahaan farmasi di Jakarta, Boehringer Ingelheim.

Pak Tantyo menggambarkan sosok Mukidi dalam biografi singkatnya menceritakan keluarga besar dan sahabat-sabahatnya.

Mukidi berasal dari Cilacap, Jawa Tengah. Tipikal orang yang biasa saja, tidak terlalu alim, mudah akrab dengan siapa saja. Punya karir tapi kadang-kadang bisa menjadi apa saja. Istrinya Markonah,  juga punya karir tapi tidak terlalu istimewa. Anak mereka 2 orang, Mukirin yang sudah remaja dan Mukiran yang masih duduk di bangku SD. Sahabatnya adalah Wakijan.

“Saya sengaja mengambil nama-nama Banyumasan. Kebetulan saya berasal dari Purwokerto. Makanya ada nama Marto Kapiran, Karto Mlogo dan lain-lain. Mukidi ini sebenarnya nama yang pernah ngehits di tahun 1980-an karena pernah digunakan di salah satu film Warkop,” ujar pria yang kini tinggal di Jatibening, Bekasi.

Pak Tantyo sendiri mempunyai alamat Facebook Soetantyo Moechlas. Beliau mengisahkan kegemaran menulis cerita Mukidi diawali tahun 2000-an. Kebiasaan menyebarkan kisah lucu Mukidi berlanjut di era media sosial. Postingan Mukidi kali pertama diunggah di blognya pada Agustus 2012. Setiap pagi, Facebook Pak Tantyo juga memposting petualangan Mukidi. Hingga akhirnya kisah Mukidi menyebar viral via broadcast Whatsapp dan BBM.

Soetantyo menyampaikan, dirinya baru tahu soal cerita Mukidi ramai dari akun facebooknya. Ada yang berkomentar kalau dirinya yang pertama kali menciptakan dan menulis kisah lucu Mukidi. Laman facebooknya sekarang ramai komen.

“Dari situ kemudian kisah Mukidi menyebar. Saya sendiri tidak menyangka kok bisa menjadi viral begini. Inspirasinya dari membaca dan lingkungan,” jelas Soetantyo.
Soetantyo menuturkan, masih banyak kisah Mukidi yang dia tulis dan akhirnya menjadi tiga buah buku.

“Untuk kisah akhir Mukidi nggak ada, masih berlanjut,” tutur Pak Tantyo.

Wahhh….waahh…ayo Pak lanjutkan petualangan Mukidi-nya. Dah gak sabar nih menunggu lawakan khas Mukidinya….hehehe. Dan buat Mukidi lovers…gimana?? Wes gak penasaran lagi kan sama Mukidi??

Opo maneh disambi nyruput segelas  kopi…wiihhh mak ceeesss tenan. 😂
Akhirnya sebagai Bonus penutup saya kasih kisah Mukidi dulur….cekidottt:✌

image

Jangan Mukidi Melulu Ah…
Ganti Sule dan Andre…

Sule dan Andre pergi ke apotek.
“Lu aja yang masuk, gua nungguin di luar aja,” kata Sule.
“Ya udah, tapi jangan lu tinggalin gua ya,” jawab Andre.
Sule: “Iye, buruan sono, nanti keburu tutup.”
Keluar dari apotek, Andre berbisik, “Sule, lu tau gak? Penjaga apoteknya gak pakai BH.”
Sule: “Ah, serius lo?”
Andre: “Ya iyalah, masa ya iya dong. Salah sendri tadi ga ikutan masuk.”
Sule: “Wuih, tadi lu ajakin kenalan, gak?”
Andre: “Otomatis, donk. Foto bareng, malah.”
Sule: “Asyik bener lu ya? Namanya siapa?”
Andre: “Namanya Mukidi.”
:mrgreen: 😄😆😝😜

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita, Sosok Wajah, Umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Penasaran Dengan Mukidi?? Ternyata Bapak Inilah Orang Dibalik Sosok Mukidi Itu

  1. riskiantropus berkata:

    Bener nih, syedih pas orng2 bilang mukidi tp gak tau. Ternyata eh..

    Suka

  2. Syukurlah bahwa Pak Sutantyo Muchlas penulis kisah-kisah humor Mukidi yang rumahnya nggak jauh dari rumahku di Jatibening Satu, Kota Bekasi, semakin terkenal di dunia maya dan dunia nyata, mendengar silsilah Mukidi, saya kok jadi teringat buku cerita humor tahun 60-an yang judulnya seorang anak bernama Markodok, punya ibu kalau nggak salah namanya Intan kodok, saudaranya titikodok, dan bapaknya atau bos-nya namanya Inspektur Dulbewok, itu juga cerita humor saat itu. Lha saya sekarang sdg mempopulerkan buku bercorak lingkungan hidup namanya : Manajemen Antisipasi Bencana terbitan Graha Ilmu Yogya, ya mudah-mudah2 laku keras aja karena disitu ada cara sederhana untuk cegah dini kabut asap/ kebakaran hutan dan lahan yang sering melanda Sumatera dan Kalimantan. Terimakasih.

    Suka

  3. Suci Su berkata:

    Akhirnya…….
    Mukidi oh Mukidi.

    Disukai oleh 1 orang

  4. Yulia berkata:

    hits banget yaaa 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s