Bedanya Es Batu Dari Air Matang dan Air Mentah

image

Kopisruput – Es Batu, siapa sih yang gak kenal??😁 Bulan puasa seperti ini hampir tiap hari kita ketemu dengan yang namanya es batu ini. Setelah seharian menahan dahaga, rasanya memang kurang afdol jika belum nyeruput yang manis manis dicampur es batu ini kala berbuka. Tapi tahukah sobat, jika terkadang es batu yang kita konsumsi ternyata dibuat dari air mentah??:o Apalagi es batunya kita beli di warung atau tidak bikin sendiri, kan kita gak tahu es batunya pakai air matang atau air mentah?

Es batu yang dibuat dari air mentah bisa menimbulkan efek kurang baik bagi tubuh karena bakteri bakteri berbahaya seperti Escherichia Coli yang terkandung dalam es. Pengaruhnya apa saja?? Pernah dengar ada orang yang pilek habis minum es?? Mungkin…itu salah satunya. Bisa jadi karena minum es batu mentah tadi tuh, akhirnya pilek deh😂 Itu sih cuma masalah ringan gan. Tapi efek lainnya yang lebih berbahaya seperti gangguan pencernaan, ginjal dan sebagainya bisa disebabkan oleh bakteri bakteri yang terkandung dalam es batu air mentah tadi.

So, penting buat kita agar bisa bedain mana es batu dari air matang dan air mentah gan.

Bagaimana membedakannya??
Gampang banget…dengan kasat mata saja kita bisa kok bedakannya.😎

Es batu dari air matang, jika dilihat dengan kasat mata maka akan terlihat bening seperti kristal. Hal itu dikarenakan sebelum jadi es batu, air tersebut di rebus terlebih dahulu. Saat perebusan maka gas yang terdapat pada air terlepas sehingga gas di dalam air tersisa sedikit saja.

Es Batu dari air mentah, dilihat kasat mata akan terlihat berwarna putih seperti salju dan terdapat gelembung – gelembung pada es tersebut. Hal itu disebabkan es batu dari air mentah masih banyak gas atau oksigen di dalamnya karena tidak adanya proses perebusan air telebih dahulu. Sehingga membuat es batu menjadi berwarna putih salju.

Nah, dengan mengetahui perbedaan es batu dari air mentah dan air matang ini, semoga kita bisa sebisa mungkin menghindari es batu dari air mentah ini. Sayangi dirimu gan…sebentar lagi lebaran…#ehhh🙊

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan, Tips and Trik, Umum dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Bedanya Es Batu Dari Air Matang dan Air Mentah

  1. gadgadis berkata:

    dan ternyata selama ini aku minum air mentahaaaan ~~

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s