Menerobos Jalur Busway Dikenakan Denda Maksimal 500 Ribu Dengan Slip Biru, Mulai Hari Ini!

image

Kopisruput – Sobat sekalian dimanapun berada, mulai hari ini Senin 13/6, aparat kepolisian dan PT TransJ mulai bertugas ekstra ketat menjaga pintu koridor busway. Denda maksimal dengan tilang slip biru mulai dilakukan hari ini jika ada pengendara yang nekat menerobos jalur busway. Hal ini untuk peningkatan sterilisasi seperti arahan Gubernur DKI, Basuki Purnama (Ahok).

PT TransJ bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menjaga koridor-koridor jalur Busway untuk menghalau pengendara yang nekat masuk. Khususnya di koridor-koridor yang rawan banyak penerobosnya. Personil pun ditingkatkan jumlahnya untuk menjaga jalur busway, termasuk separator Moveable Concrete Barrier (MCB).

MCB adalah separator yang terbuat dari beton tipis dengan tinggi sekitar 50 cm dan lebar 60 cm. Di beberapa koridor jalur Busway memang sudah dipasang, seperti d ruas Jl MT Haryono kawasan Pancoran, Cawang.

Di himbau kepada para pengendara di ibu kota tidak lagi masuk ke jalur Busway. Sebab polisi akan memberikan denda maksimal dengan slip biru senilai Rp 500 ribu jika masih menemukan penerobos di tiap-tiap koridor. Penindakan bagi penerobos busway dilakukan dengan tilang slip biru. Artinya, setiap pelanggar yang kena tilang dikenakan denda maksimal sebesar Rp 500 ribu sesuai ketentuan Pasal 287 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Polisi juga sudah diminta Ahok tidak memberikan diskresi (keringanan). Dalam hal ini memberi kelonggaran bagi pengendara masuk ke jalur Busway jika keadaan macet total.

Kebijakan sterilisasi ini bertujuan menjadikan jalur busway sebagai jalur Evakuasi. Sehingga apabila terjadi kemacetan, ada jalur evakuasi yang bisa diandalkan. Adapun kendaraan yang boleh melewati jalur busway ini adalah mobil Pemadam Kebakaran, Ambulans, dan Mobil Pejabat Dengan Plat RI. Jadi meski seorang Menteri, tapi jika menggunakan plat RFS juga dilarang masuk. Ahok sendiri menggunakan plat nomor RFS, jadi dia juga tidak diperbolehkan masuk. Mobil polisi juga dilarang masuk kecuali sedang mengawal evakuasi.

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita, Umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s