Ombak Besar Laut Selatan Menerjang Perkampungan Warga Di TPI Tempursari, Lumajang!

image

Anangcozz – Beberapa minggu yang lalu (disini) ombak besar di pantai selatan pulau Jawa sebenarnya sudah mulai nampak. Pada waktu itu, jalur pantai selatan Lumajang lumpuh karena ombak besar yang merusak sebagian besar badan jalan. Namun, kini kondisinya semakin parah.

Ombak besar tidak hanya merusak jalur pantai selatan Lumajang, melainkan sudah naik ke perkampungan wisata di daerah TPI hingga dusun Karang Menjangan kecamatan Tempursari, Lumajang pada Selasa malam kemarin (7/6). Air pasang dan ombak besar di pantai selatan membuat air sungai meluap ke permukiman warga, karena hujan deras tidak bisa mengalir ke laut. Akibatnya seluruh warga di daerah tersebut dan daerah pesisir lainnya harus diungsikan ketempat yang lebih aman selama cuaca masih buruk.

Ombak besar berpotensi terjadi di seluruh pantai selatan pulau Jawa. Menurut BMKG Yogyakarta, fenomena ini akan berlangsung setidaknya dalam waktu 6 hari kedepan. Fenomena ini sebenarnya adalah siklus bulanan yang normal terjadi. Namun karena bersamaan dengan air pasang yang diakibatkan oleh pengaruh astronomi (bumi-bulan-matahari dalam satu garis), dan perbedaan suhu di Australia dan Asia membuat dampak cuaca buruk dan ombak besar di pantai selatan pulau Jawa dan daerah barat daya Indonesia.

image

Berikut ini beberapa foto kondisi terakhir dusun Karang Menjangan, dan tempat wisata TPI kecamatan Tempursari, Lumajang saat ini. Air pasang masuk ke perkampungan warga dan merusak jalur alternatif pantai Selatan Lumajang.

Wisata TPI, Tempursari

image

image

Dusun Karang Menjangan, Tempursari

image

image

image

image

Jalur pantai selatan Lumajang-Tempursari

image

image

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Alam, Fenomena, Peristiwa, Sekitar Kita, Umum dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s