Tanyakan Surat Tugas, Wisnu Malah Di Pukuli 3 Anggota Polisi Di Ciputat!

image

Kopisruput – Brosis sekalian, perlakuan tidak mengenakkan diterima oleh Bro Wisnuhandy Widyoastono oleh oknum polantas daerah Tangerang Selatan. Dalam akun FBnya doi mengaku telah dipukuli oleh tiga anggota kepolisian karena menanyakan surat tugas mereka.

Dalam keterangan yang diberikan Bro Wisnu, ketika itu dia sedang mengendarai motornya dan terjebak di kemacetan daerah perempatan Duren, Kampung Sawah, Ciputat. Tiba tiba di pinggirkan dan di tanyai kelengkapan surat suratnya oleh polisi yang sedang razia di tempat tersebut. Melihat tidak ada papan pengumuman, bro Wisnu pun balik menanyakan surat tugas polisi tersebut. Karena dalam peraturan perundang-undangan sudah sangat jelas menyebut setiap tindakan razia wajib memasang pelang sekurang-kurangnya 100 meter dari lokasi petugas terdepan berjaga.

Namun sayangnya, bukan jawaban yang jelas, salah satu polisi malah memukulnya lalu diikuti dua rekannya. Komandan polisi di tempat hanya diam saja, dan baru melerai setelah Wisnu terpojok.
Karena tidak terima atas perlakuan polisi tersebut, Wisnu lantas memfoto satu per satu petugas yang memukulnya. Dia juga mengunggah tindakan polisi lewat akun Facebooknya dan menceritakan kronologisnya sebagai berikut:

Hati2 terhadap tiga petugas ini. Sangat ringan tangan. smile emoticon
Kronologis..
Perapatan duren, Kampung sawah, Ciputat.
Saya mengendarai motor dalam kondisi macet dari segala arah dan sedang berhenti nunggu giliran. Tiba2 disuruh menepi oleh petugas polisi untuk ditanya surat2 kendaraan. Di lokasi tersebut tidak ada papan pemberitahuan razia atau pemeriksaan.
Saya menepi dan bertanya kepada petugas tersebut untuk melihat surat tugas mereka secara baik2. Petugas yg bernama NASUTION tiba2 membentak2 saya sambil membawa saya ke komandannya yg bernama AGUS.S. Ketika bertemu dengan komandannya, saya tanya kenapa saya dimintai surat2. pelaku NASUTION masih bicara emosi tinggi. Jelas saya tidak terima, saya bicara baik2. kemudian datang lagi satu petugas anak muda berkulit gelap (tidak tahu namanya siapa) ikut marah2 ke saya. Kembali saya menjelaskan bahwa saya hanya bertanya dan menegaskan ke mereka kenapa harus dengan emosi.
Tiba2 saya dipukul oleh NASUTION dan temannya yg berkulit gelap ikut memukuli saya. Tidak cukup 2 orang memukuli saya, masih ditambah lagi ada seorang petugas sudah tua langsung datang dari jauh dan ikut memukuli saya. Total ada 3 orang memukuli saya saat itu. Beruntung saya masih memakai helm.
Kejadian tersebut berlangsung di depan komandannya dan dia hanya melihat saja sampai saya sudah terpojok baru dia memisahkan.
Setelah pemukulan tersebut, jelas saya tidak terima dgn kejadian ini. Saya langsung mengambil handphone untuk memfoto para pelaku pemukulan tersebut. Saat difoto mereka menutupi badge nama mereka (lihat foto). Mereka selalu mengelak saat difoto. Dan dua pelaku yang tua dan yang berkulit gelap tiba2 menghilang. hanya tersisa pelaku NASUTION.
Saya tanya ke komandannya nama2 mereka dan dia hanya menjawab “GAK TAU”. Kembali saya tegaskan ke komandannya untuk memberitahukan nama2 anak buahnya dan jawabannya tetap sama “GAK TAU”. Kemudian saya bilang ke komandannya untuk memperkarakan kasus pemukulan ini. Kemudian komandan tersebut mengajak saya ke warung untuk minum kopi dan saya tolak. Saya tetap memperkarakan pemukulan ini. Komandannya hanya blg “iya iya”. Saya tanya dari kepolisian mana dan dia menjawab “TANGERANG”.
Info tambahan:
Surat perintah tugas tertulis di Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 80 Tahun 2012, bagian kelima, pemeriksaan, pasal 15.
Tanda pemeriksaan kendaraan bermotor tertulis di Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 80 Tahun 2012, bagian kelima, pemeriksaan, pasal 22.

image

Begitulah ceritanya menurut bro Wisnu gan. Dalam hal ini, ada beberapa poin yang perlu di garis bawahi diantaranya:
– Razia tapi tidak ada papan pengumuman.
– Jalanan macet, dengan adanya razia tentu akan semakin menambah macet.
– Kenapa Polisi asal main pukul saja dan tidak menjelaskan secara jelas jika memang tidak ada surat tugas. Jika ada kenapa tidak ditunjukkan saja.
– Apakah Polisi melihat adanya pelanggaran yang dilakukan Wisnu??

Demikian penuturan Bro Wisnu gan. Masih banyak pertanyaan pertanyaan yang belum terjawab dalam kasus ini. Semoga saja kasus ini segera di selesaikan dengan adil. Bagaimana menurut dulur disini…??

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Peristiwa, Sekitar Kita, Umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Tanyakan Surat Tugas, Wisnu Malah Di Pukuli 3 Anggota Polisi Di Ciputat!

  1. Ping balik: Polres Tangerang Selatan Tantang Wisnu Laporkan Pemukulan di Ciputat!! | Kopisruput

  2. Ping balik: Kasus Pemukulan Wisnu Oleh Polantas Di Ciputat Akhirnya Berakhir Damai | Kopisruput

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s