Tarif Tol Jembatan Suramadu Turun 50℅ Mulai 1 Maret 2016

CAqnlv6UogKopisruput – Dulur sekalian, kabar gembira terutama bagi masyarakat di sekitar Surabaya dan Madura yang sering wara wiri melewati jembatan Suramadu. Pemerintah per 1 Maret 2016 telah mengeluarkan keputusan menurunkan tarif Tol Jembatan Suramadu. 

Penurunan tarif ini khususnya untuk kendaraan golongan I s/d V atau kendaraan roda empat. Untuk kendaraan golongan VI atau roda dua gratis. Tidak tanggung tanggung tarif baru turun 50℅ atau setengah dari tarif sebelumnya. Berikut ini daftar tarif baru tol jembatan Suramadu yang menghubungkan pulau Jawa dengan Madura ini.

Golongan I
tarif lama : Rp 30.000
Tarif Baru : Rp 15.000

Golongan II
tarif Lama : Rp 45.000
tarif Baru : Rp 22.500

Golongan III
tarif Lama : Rp 60.000
tarif Baru : Rp 30.000

Golongan IV
tarif Lama : Rp 75.000
tarif Baru : Rp 37.500

Golongan V
tarif Lama : Rp 90.000
tarif Baru : Rp 45.000

Penurunan tarif tol tersebut diberikan setelah menimbang bahwa kondisi perekonomian di wilayah Madura masih dalam tahap pertumbuhan. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Penurunan tarif ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk percepatan pengembangan dan pembangunan wilayah terutama di Pulau Madura, berkaitan dengan tujuan dibangunnya Jembatan Suramadu.

“Dengan adanya Jembatan itu, maka mobilitas orang dan mobilitas barang akan lebih efisien, akan lebih cepat dibandingkan sebelumnya dengan menggunakan transportasi laut atau kapal,” kata Presiden Jokowi pada rapat terbatas awal Februari lalu.

Presiden menegaskan tujuan utama pembangunan Jembatan Suramadu adalah menggerakkan perekonomian di Jawa Timur serta mempercepat pengembangan dan pembangunan wilayah terutama di Pulau Madura. Sehingga akan mengurangi ketimpangan antarwilayah dan pemerataan pembangunan dapat tercapai.

Dalam rapat terbatas tersebut diputuskan agar tarif Tol Suramadu dipotong hingga menjadi 50% saja. Alasannya, tingginya harga tol selama ini membuat harga barang yang berasal dari Surabaya dan Madura menjadi mahal. Maka presiden meminta diturunkan dengan harapan dapat membantu masyarakat.

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita, Umum. Tandai permalink.

3 Balasan ke Tarif Tol Jembatan Suramadu Turun 50℅ Mulai 1 Maret 2016

  1. Warung Biker berkata:

    asyik,.. belum pernah kesana,..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s