Penjual dan Pembeli Jual Beli Online, Waspada Modus Penipuan Ini!!

modus-penipuan-jual-beli-online-yang-dilakukan-oleh-calo-tipu-tipu-alias-calo-abal-abalKopisruput – Dulur sedoyo, buat sampeyan para penjual dan pembeli online, yang aktif di forum forum jual beli online, sekarang ini kudu lebih berhati hati lur. Banyak modus penipuan yang dilakukan oknum oknum yang ingin berbuat jahat. Salah satunya modus seperti berikut ini.

Kasus yang sering terjadi selama ini dalam jual beli online adalah penjual abal – abal (fiktif) atau pembeli yang gak jelas. Nah, sekarang ditemukan lagi satu modus kejahatan yang dilakukan oleh pihak ketiga yang menjadi jembatan antara pembeli dan penjual atau biasa disebut makelar. Alur modusnya bisa sampeyan lihat pada gambar berikut ini lur…modus-penipuan-jual-beli-online-yang-dilakukan-oleh-calo-tipu-tipu-alias-calo-abal-abal

Modus penipuan dilakukan oleh pihak ketiga alias calo/makelar. Makelar ini bertindak sebagai penjual sekaligus pembeli fiktiv. Pertama tama menghubungi penjual untuk membeli barang. Disisi lain makelar juga menghubungi calon pembeli untuk transfer harga barang. Nah disinilah ada celah bagi makelar nakal ini melakukan aksinya. Pembeli mentransfer uang tapi barang tak akan datang. Penjual yang merasa sudah mengirim barang kena imbasnya…makelar nakal yang diuntungkan.

Untuk mengantisipasinya ada beberapa tips cara yang dapat dilakukan seperti yang saya kutip dari khsblog, antara lain:

– Sebagai pedagang online, bukti percakapan harus kita simpan sebagai bukti (bisa kita screen capture /screenshot buat jaga2).

 Sebagai pembeli, pastikan nomor rekening dan nomor telephone penjual (BB) harus sinkron. Artinya apa yang dipajang di toko online harus sama kedua dua nya sehingga kita tidak menjadi korban penipuan oleh makelar nakal ini.

– Terakhir, pastikan bahwa penjual barang terpercaya. Bisa dicek toko onlinenya di web pihak ketiga seperti “polisionline.com”. Jika harus preorder baiknya datangi tempatnya dulu.

Demikian informasinya lur, agar kita semua lebih berhati hati dalam belanja online, dan terhindar dari makelar nakal ini…

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Peristiwa, Sekitar Kita, Tips and Trik, Umum. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Penjual dan Pembeli Jual Beli Online, Waspada Modus Penipuan Ini!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s