Musim Hujan, Surabaya Masih Kemarau…Kenapa??

image

Kopisruput – Dulur sedoyo, musim hujan telah tiba. Beberapa daerah di selatan dan timur daerah tapal kuda Jawa Timur sudah mulai hujan beberapa hari ini. Tapi di Surabaya enggak blas…langit malah biru…huhuhu 😦

Tadi sore lihat status temen temen di FB khususnya yang ada di daerah Malang, isinya kebanyakan hujan deras, gerimis, sampai rintik rintik di daerah Lawang…byuuhh marai ngiri ae. Lha di Surabaya…jian panas kentang kentang gan.

Seingat mimin sejak tahun baru kemarin Surabaya tidak pernah turun hujan sama sekali gan. Padahal di daerah lain sudah hujan…suhu udara cukup menyengat siang hari, malamnya juga lumayan….lumayan gak bisa bikin tidur :mrgreen:

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengatakan fenomena ini disebabkan oleh perubahan pola angin yang bertiup di Kota Surabaya. Menurut Teguh Prakirawan BMKG Juanda, musim penghujan seperti saat ini seharusnya angin di Kota Surabaya bertiup dari arah barat. Namun dalam dua hari ini angin bertiup dari arah Timur Laut.

“Penyebab perubahan pola arah angin karena di daerah selatan Indonesia saat ini sedang mengalami tekanan tinggi (antisiklon). Sementara di Samudera Hindia sedang mengalami tekanan rendah (depresi). Ini membuat awan hujan tidak sampai ke Surabaya karena arah anginnya berbeda. Tapi tidak menutup kemungkinan Surabaya bisa hujan hari ini,” kata Teguh.

Menurut Teguh, fenomena ini bisa saja bertahan sampai satu minggu ke depan. Mengenai fenomena El Nino, kata Teguh, dampaknya sudah bisa dirasakan di Jawa Timur sendiri dengan waktu musim hujan yang tidak merata dari satu daerah dengan daerah lainnya.

“Di daerah tapal kuda Jatim itu awal Januari ini sudah intens hujannya. Tapi tidak dengan wilayah Jatim bagian utara yang kadang hujan kadang juga tidak. El Nino membuat musim hujan tidak merata di Jawa Timur,” kata dia.

Mimin cuma bisa manggut manggut saja nih sambil berharap hujan segera turun di Surabaya dan sekitarnya. Puanaaasss looooppp…duluuurrr πŸ˜€

Sumber : suarasurabaya.net

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Alam, Fenomena, Sekitar Kita, Umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Musim Hujan, Surabaya Masih Kemarau…Kenapa??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s