Jalur Pendakian Semeru Ditutup Total Mulai 4 Januari 2016

image

Kopisruput – Dulur, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Malang menutup total jalur pendakian ke Gunung Semeru mulai 4 Januari 2016 kemarin. Penutupan tersebut akan terus berlangsung hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Ayu Dewi Utari penutupan tersebut bertujuan untuk pemulihan ekosistem dikawasan Gunung Semeru setelah libur Natal dan tahun baru kemarin. Kegiatan pemulihan ekosistem ini juga menjadi kegiatan tahunan BB TNBTS.

image

Gunung tertinggi di pulau Jawa ini sebelumnya juga sempat ditutup bulan Oktober 2015 lalu karena terjadi kebakaran lahan hingga ratusan hektar di daerah Semeru. Saat itu jalur pendakian ditutup total dan baru dibuka kembali pada 1 Desember 2015 sampai dengan perayaan tahun baru kemarin.

Selama dibuka itu rata-rata ada 300 hingga 500 pendaki naik ke Semeru. Karena itulah, kawasan taman nasional ini butuh recovery untuk pemulihan ekosistem. Selama ditutup, petugas BB TNBTS bersama tim relawan akan bersih-bersih di sepanjang jalur pendakian.

Penutupan jalur pendakian Gunung Semeru sudah sesuai UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya yang menyebutkan penutupan jalur pendakian dapat dilakukan karena kondisi membahayakan dan alasan kepentingan pemulihan ekosistem.

Demikian pemberitahuannya dulur, semoga berguna.

Iklan

Tentang kopisruput

Newbie blogger dan masih terus belajar...
Pos ini dipublikasikan di Alam, Sekitar Kita, Umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s